November 9, 2018

Outbound Training

Outbound Training

OB1
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OB7
OB4
OB5
OB2
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
IMG_0572
IMG_0546
M3361S-3034
M3361S-3034
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

Outbound Training Program For All

“ Energy, Grow Up Your Team Spirit”

Aktivitas di alam terbuka secara bersama-sama selama sekurang-kurangnya 24 jam merupakan media yang paling efektif untuk mengenal pribadi seseorang secara lebih mendalam. Sebab pada saat  tersebut segala karakter dan perilaku seseorang akan terindentifikasi secara jelas. Alam terbuka juga bisa jadi tes psikologi yang ampuh bagi seseorang.

Alam terbuka pun bisa menarik sejumlah pengalaman yang dapat diterapkan sebagai konsep belajar dan membuka diri sendiri. Konsep inilah yang dianggap mumpuni untuk menstimulasi kegiatan sehari-hari dan konsep ini meningkatkan kecenderungan organisasi manapun untuk mengikut sertakan para karyawannya dalam kegiatan pelatihan berbasis kegiatan simulasi di alam terbuka. Banyak organisasi tertarik untuk mencoba program belajar ke alam terbuka tersebut.

Pelatihan dengan menggunakan alam terbuka atau yang biasa disebut dengan Outbound Training  akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 80 % di alam terbuka dan 20 % diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.

Dengan memanfaatkan metode pembelajaran “learning by doing”, setiap peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diterapkan di dalam  pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Metode ini juga akan membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin kritis dan sensitif sehingga implementasinya juga semakin mudah dan tepat.

Outbound Program 1

OB4
OB7
OB8
OB5
OUTBOUND SANYO TOPENG2
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

“Fresh Energy, Grow Up Your Team Spirit”

Kita semua mengetahuai bahwa tingkat kompetensi karyawan semua organisasi harus terus dibina dan ditingkatkan. Setiap organisasi tidak boleh hanya mengandalkan teknologi yang mereka miliki tetapi juga sumber daya yang bisa mengembangkan organisasinya. Tanpa SDM tangguh maka mustahil organisasi akan mampu memberikan pelayana terbaiknya kepada kastemer internal dan eksternal. SDM ini juga setiap saat harus dikembangkan dan dibina kemampuannya. Berbagai strategi dan metode digunakan. Salah satunya adalah metode Outbound Training .

Metode Outbound Training memang berbeda dengan metode lainnya. Metode ini sangat memanfaatkan lingkungan alam terbuka, baik di lingkungan organisasi maupun jauh di luar organisasi. Selain itu juga metode ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki pola pikir, kerjasama, kebersamaan serta kekompakan di dalam menjalankan rutinitas kegiatan dan berbagai perubahan  di dalam organisasi.

Setiap metode pelatihan memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali metode Outbound Training. Dilihat dari pembelajaran yang diterapkan maka metode ini berusaha meningkatkan kepercayaan diri peserta (self confidence), memperbaiki, meningkatkan, dan membina kerjasama kelompok (team building), komunikasi, kepemimpinan, sikap mental positif, team management, problem solving – decision making, time management dll.

Tuntutan organisasi saat ini terhadap setiap karyawan memang mengarah kepada hal-hal tersebut. Saling ketergantungan, kerjasama, kemandirian, pengayom bawahan, dan adanya jiwa kepemimpinan merupakan unsur-unsur yang bisa dijadikan modal untuk mengambil suatu keputusan dan tindakan lainnya. Dengan meraih dan memanfaatkan kelebihan metode ini maka diharapkan adanya peningkatan kinerja karyawan, pembentukan team yang kompak dan performance karyawan yang semakin meningkat. Derajat perolehan keuntungan tersebut bervariasi dan tergantung dari kebutuhan organisasi, lama pelatihan dan fasilitas yang dikehendaki.

Outbound Training 2

IMG_0572
IMG_0617
IMG_0478
M3361S-3034
M3361S-3034
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
M3361S-3034
IMG_0705
M3361S-3034
IMG_0463
Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image... Loading image...

“Fresh Energy, Grow Up Your Team Spirit”

TUJUAN PELATIHAN

•Membedakan arti kerja sama dengan kerja bersama-sama
•Meningkatkan kerjasama kelompok dalam sebuah organisasi
•Memperbaiki, meningkatkan, dan membina sistem komunikasi, kerjasama, dan koordinasi antar individu dalam suatu organisasi
•Meminimalisasi hambatan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang menyangkut organisasi, antar pribadi maupun pribadi
•Menciptakan suasana kerja yang kreatif, harmonis, bersaing sehat, penuh motivasi dan dedikasi dan bersinergi
•Meningkatkan rasa tanggung jawab atas tugas yang diterima
•Memiliki pola pikir dan sikap mental positif dalam berhubungan dengan rekan kerja
•Menghilangkan sikap negatif kepada individu lain maupun interpersonal block
•Memotivasi kreatifitas dalam peningkatan produktifitas kerja
•Mengenal diri sendiri dan orang lain sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri
•Meningkatkan rasa empati kepada atasan, bawahan, maupun sesama rekan kerja
•Menerima berbagai kritikan, saran, dan pendapat dari orang lain serta berusaha memperbaikinya.

HASIL YANG AKAN DICAPAI SETELAH PELATIHANApabila peserta sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini dari awal hingga usia maka mereka akan merasakan adanya pembinaan sikap mental selaku pribadi  dan juga selaku anggota kelompok atau team.

Pelatihan ini juga mampu mengungkap”sikap asli” pesertanya pada saat pelatihan berlangsung, seperti leadership style, decision making, dan aspek lain yang diukuroleh penyelenggara (personal development & team development).

Dengan adanya “review” dari intruktur dan metode”experiential learning” yang digunakan, peserta umumnya disadarkan akan kekurangan dirinya, mengatasinya, memahamirekannya, dll.

Untuk menghindari adanya “motivasi sesaat” selama pelatihan  maka kegiatan in-class training juga tidak diabaikan. Pelatihan ini juga memerlukan review untuk tiga bulan setelah pelatihan berlangsung (reaction, learning, behavior,result)

“Fresh Energy, Grow Up Your Team Spirit”

METODE PELATIHAN

Pelatihan ini akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai medianya. Para peserta akan mempelajari semua materi dari kegiatan atau games yang akan diadakan di alam terbuka. Program ini akan dilakukan dengan komposisi 80 % di alam terbuka dan 20 % diskusi kelompok (group discussion) sebagai penunjang dari setiap kegiatan.

Pelatihan Outbound Training  ini memanfaatkan metode experiential learning/learning by doing (belajar dari pengalaman nyata). Struktur yang digunakan berbentuk guided discovery learning dimana instructor/fasilitator membantu peserta menemukan intisari makna di setiap game/aktivitas melalui proses kombinasi dari de-briefing yang menggunakan metafora, refleksi personal, dan diskusi kelompok. Proses pemaknaan yang baik atas aktivitas yg mereka lakukan selama proses pelatihan dan hubungannya dgn “dunia nyata” akan sangat penting untuk bisa membangkitkan “insight” peserta.

Inti dari proses ini adalah tanggung jawab peserta untuk me-review, mengevaluasi secara terus menerus tentang apa yang terjadi dalam kegiatan selama pelatihan berlangsung dan menggali tentang hal apa saja yang dapat mereka ambil sebagai pelajaran, dan bisa diterapkan dalam kegiatan lain. Dalam pelatihan outbound konsekuensi dari semua keputusan dan tindakan yang diambil akan dirasakan secara langsung dan sangat nyata oleh peserta dimana hal ini akan memberikan suatu iklim belajar yang kuat.

Dengan metode pembelajaran eksperiensial ini peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.

FASILITAS PELATIHAN

  • Instruktur dan fasilitator berpengalaman selama kegiatan berlangsung
  • Perlengkapan indoor dan outdoor selama kegiatan
  • Peralatan permainan yang akan digunakan selama kegiatan
  • Akomodasi & Meals selama kegiatan berlangsung

LOKASI PELATIHAN

Kami memiliki lokasi di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat yang sangat sesuai untuk berbagai aktivitas outing dan permainan lainnya. Disamping itu lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Jakarta

Biaya paket pelatihan ini termasuk:

•Program Pelatihan
•Tempat beristirahat dan briefing yang memadai dan sehat
•Konsumsi makan pagi, makan siang  dan makan malam dengan menu sehat
•Fasilitator
•Perlengkapan latihan

WAKTU PELAKSANAAN PELATIHAN

Program Pelatihan membutuhkan waktu selama 2 hari 1 malam. Waktu pelaksanaan berdasarkan kesepakatan antara kliendengan kami.

PERLENGKAPAN YANG HARUS DIBAWA SOLEH SETIAP PESERTA ELAMA PELATIHAN

1. Ransel atau tas yang enak dibawa
2. Baju ganti secukupnya
3. Baju berlengan panjang bagi yang berkulit sensitif
4. Baju hangat atau jaket
5. Celana lapangan dan celana pendek
6. Jas hujan ( ponco )
7. Topi anti air
8. Sepatu dan sandal yang tidak licin ( anti slip )
9. Tempat air minum ( veldples )
10. Lampu senter
11. Obat – obatan pribadi

DESKRIPSI GAMES YANG AKAN DIGUNAKAN SELAMA OUTBOUND TRAINING

Fresh EnergyGrow UYour Team Spirit

Meskipun jenis permainan ini cukup menantang dan berbahaya, banyak peserta yang ketagihan usai merasakan beragam permainan itu. Permainan ini membuat peserta takut apalagi yang gamang dengan ketinggian.

Namun uji nyali ini dapat dijadikan ajang menempa dan menguji kepercayaan diri seseorang.

Permainan ini juga bisa mengukur sejauh mana keberanian dan nyalinya dalam menghadapi bahaya di depan mata Pada kenyataannya, permainan ini tidak berbahaya. Permainan in ingin menjawab keraguan dan ketidak percayaan diri seseorang.

Keselamatan Permainan

Selama permainan ini berlangsung, setiap peserta akan dilindungi keselamatannya melalui peralatan  yang akan digunakan, instruktur yang teliti, dan pencegahan seseorang melakukan permainan ini jika memiliki penyakit jantung. Ingat, syaratnya adalah sehat fisik dan jasmani,serta tidak memiliki penyakit jantung.

Durasi Permainan

Bila diikuti oleh sekitar 100-150 peserta maka durasi permainan ini bisa memakan waktu sekitar 2 jam dan akan dibuat  beberapa kelompok.

 

DETAIL KEGIATAN

  • ICE BREAKING

Kegiatan untuk membina suasana dan untuk menghilangkan sekat psikologis yang mungkin terdapat antar individu para peserta.

  • GROUPING

Pengelompokkan peserta menjadi beberapa kelompok yang bertujuan untuk membangun jiwa korsa

  • FUN GAMES

Berisikan aktifitas permainan – permainan kompetisi antar kelompok untuk menumbuhkan semangat bertanding dan memulai kerja kelompok

  • TEAM BUILDING

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama kelompok dan Mengasah kemampuan kelompok dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab individu dalam melaksanakan tugas kelompok

“Fresh Energy, Grow Up Your Team Spirit”

DETAIL KEGIATAN

  • SYNERGY

Permainan yang ditujukan untuk menyatukan kembali peserta menjadi satu kesatuan yang utuh, sinergistik dan saling membutuhkan

  • EVALUASI DAN  DEBRIEF

Setiap selesai melakukan games atau penugasan team building maka fasilitator akan langsung melakukan internalisasi melalui debrief dan pemaknaan dari kegiatan yang baru saja diselesaikan

  • FUN PARTY

Acara bebas yang dilakukan setelah kegiatan team building serta kegiatan team recognition and rewards, entertainment solo organ dan kambing guling.

“Fresh Energy, Grow Up Your Team Spirit”

RUNDOWN KEGIATAN

HARI PERTAMA

NO WAKTU KEGIATAN
1 12.00 – 13.00 Welcome Drink
2 13.00 – 13.30 Ice breaking
3 13.00 – 14.00 Grouping
4 14.00 – 15.30 Fun games
5 15.30 – 16.00 Shalat Ashar/Istirahat
6 16.00 – 17.30 Team building games
7 17.30 – 19.30 Istirahat/Shalat/Makan Malam
8 19.30 – 21.30 Fun Party
9 21.30 – 04.00 Tidur/Istirahat Malam

 

HARI KEDUA

NO WAKTU KEGIATAN
1 04.30 – 05.00 Shalat Subuh Berjamaah
2 05.00 – 06.00 Siap-siap Senam Pagi
3 06.00 – 06.30 Senam Pagi
4 06.30 – 08.00 Sarapan pagi
5 08.00 – 10.00 Flying Fox
6 10.00 – 10.30 Sinergi
7 10.30 – 11.00 Evaluasi & Debrief
8. 11.00 – 12.00 Beres-Beres
9. 12.00 – 12.15 Shalat Dzuhur Berjamaah
10. 12.15 – Ke Jakarta Aku Kan Kembali…
Hubungi Kami
WhatsApp